4 Jenis Diet Untuk Bantu Menjaga Kesehatan Tubuh Kamu

4 Jenis Diet Untuk Bantu Menjaga Kesehatan Tubuh Kamu

Kebanyakan orang melakukan program diet karena ingin membakar lemak dan menurunkan berat badan. Tetapi ada beberapa orang yang menjalankan program diet atas anjuran dokter karena suatu kondisi tertentu pada tubuh. Diet berfungsi untuk menjaga kesehatan karena menu pada jenis diet tertentu telah diatur sehingga nutrisi yang masuk ke tubuh dapat diatur.

Berikut ini berbagai macam diet yang dilakukan dengan tujuan menjaga kesehatan tubuh.

  1. Diet keto

Hampir sama dengan keutamaan diet lain, yaitu dengan mengonsumsi makanan berkabohidrat rendah. Diet jenis ini tidak hanya mengurangi karbohidrat saja, melainkan mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan lemak. Dengan demikian, kalori didapat dari protein dan lemak saja.

Kelebihannya, kadar gula darah menjadi rendah sehingga tidak menimbulkan risiko penyakit berbahaya. Tetapi, lemak yang dimaksud dalam diet ini bukanlah lemak sembarangan. Melainkan, harus berasal dari produk susu, telur, alpukat, dan kacang-kacangan seperti almond dan mete.

  1. Diet mediterania

Diet yang kedua ini berasal dari daerah perbatasan Laut Mediterania, lebih tepatnya bermula dari kebiasaan orang-orang di daerah sana. Diet ini efektif untuk menurunkan berat badan dan bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa pelaku diet ini memiliki risiko rendah terkena penyakit seperti jantung dan stroke.

Diet ini dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan seperti buah, sayur, biji-bijian, hingga kacang-kacangan. Diet ini juga didukung dengan pengurangan konsumsi daging merah, ayam, dan makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti minyak zaitun.

  1. Diet paleo

Ternyata diet sudah dikenal sejak manusia purba ada di dunia ini, atau lebih tepatnya ketika manusia purba hidup di zaman paleolitikum. Walaupun mengikuti pola makan manusia purba, tetapi diet paleo ini yang sekarang kita kenal telah disesuaikan dengan kondisi sekarang. Metode pengolahannya saja yang sama dengan manusia zaman paleolitikum.

Caranya dengan mengolah makanan secara sederhana seperti ditumis, dikukus, hingga dibakar. Diet jenis ini juga mengharuskan pengikutnya untuk mengurangi karbohidrat dan lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi protein.

  1. Diet atkins

Diet terakhir yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan adalah diet atkins. Tak seperti diet yang lainnya, diet ini mengizinkan pengikutnya untuk mengonsumsi makanan berlemak. Tetapi, sebelum salah mengartikan lemak yang boleh dikonsumsi, kamu perlu mengetahui bahwa ada jenis lemak yang dibutuhkan tubuh. Jenis lemak tersebut adalah lemak tak jenuh atau lemak baik.

Lemak baik diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi gula darah yang berlebih, dan tentu saja mengurangi berat badan. Kesamaan diet ini dengan diet lainnya yaitu anjuran untuk mengonsumsi makanan berkabohidrat rendah.

Diet merupakan gaya hidup sehat dengan menerapkan pola makan tertentu. Tetapi, alangkah baiknya jika kamu mendiskusikan dengan dokter tentang program diet yang akan diikuti. Perhatikan baik buruknya agar kondisi tubuh selalu sehat dengan jenis diet yang dipilih.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *